Home  /  Slide  / Cara Mudah Membuat Tepung Mocaf Tanpa Enzim

Cara Mudah Membuat Tepung Mocaf Tanpa Enzim


Cara Mudah Membuat Tepung Mocaf Tanpa Enzim

Membuat tepung mocaf dengan enzim saudah sering sekali dibahas. Bakteri asam laktat yang terkandung dalam enzim ketika digunakan sebagai rendaman potongan ubi, akan mengurai sel ubi kayu sehingga menghasilkan tepung mocaf lebih putih, lebih cepat larut dalam air, dan memiliki rasa hampir sama dengan tepung gandum.

Jika belum tahu, tepung mocaf sangat aman dikonsumsi bagi penderita autis dan alzheimer karena tidak mengandung gluten. Gluten yang terdapat pada tepung gandum (terigu) sering kali menyebabkan alergi pada penderita dua penyakit tersebut.

tepung

Karena manfaatnya sangat banyak termasuk sebagai pengganti tepung gandum, maka tepung mocaf sering kali dijadikan alternatif sendiri. Seringkali masyarakat menanyakan kepada Grosir Tepung Mocaf tentang stok tepung mocaf yang tersedia.

Sebagai distributor resmi Tepung Mocaf Greenstar, maka Grosir Tepung Mocaf hanya menyediakan produk tepung mocaf yang telah diolah menggunakan enzim. Jika ingin mengetahui cara mudah membuat tepung mocaf dengan enzim, silahkan baca disini.

Untuk diketahui harga enzim (bio aktivator) dipasaran semakin lama semakin mahal, menyentuh angka puluhan ribu per-liter-nya. Beberapa pengusaha kecil pemula pasti mengeluhkan dengan mahalnya harga enzim. Maka dari itu Grosir Tepung Mocaf akan memberikan bocoran cara mudah membuat tepung mocaf tanpa enzim.

Cara Membuat Tepung Mocaf Tanpa Enzim

  1. Siapkan bahan baku utama, yaitu singkong kemudian kupas kulit singkong tersebut.
  2. Lanjutkan dengan membersihkan lendir pada ubi setelah mengupas kulitnya. Cara membersihkan lendir ubi bisa dengan cara direndam kedalam air kapur sirih selama semalaman. Saat merendam, posisi singkong harus terendam penuh agar tidak mengalami oksidasi. Untuk dosis kapur sirih yang diperlukan adalah 1 ons per satu kuintal ubi kupasan segar.
  3. Potong-potong singkong hasil rendaman tersebut seperti membentuk chips atau keripik yang biasa dimakan.
  4. Rendam penuh hasil potongan chip-chip tersebut selama 3 hari 3 malam dengan air bersih. Ganti air rendaman setiap 24 jam. Air bekas rendaman silahkan endapkan untuk diambil tepung tapiokanya.
  5. Setelah direndam selama 3 hari, angkat chip dan tiriskan agar kadar airnya berkurang. Untuk mempercepat, silahkan press chip terserbut dengan alat press agar kadar airnya cepat berkurang.
  6. Jemur chips tersebut sampai kering, usahakan kadar airnya tidak lebih dari 12%.
  7. Lakukan penggilingan chip kering tersebut untuk diproses menjadi teung mocaf.
  8. Silahkan ayak hasil tepung tersebut dengan ayakan mesh 80, untuk mensortir tepung yang masih kasar. Jika ada yang masih kasar bisa dilakukan penggilingan kembali.
  9. Campurkan tapioka yang sudah dikeringkan (lihat langkah no.4) lalu jemur ulang sampai kering.
  10. Packing tepung mocaf yang sudah jadi tersebut kedalam tempat yang sudah disediakan seperti wadah plastik dan tutup rapat.
  11. Manfaat tepung mocaf yang sudah jadi tersebut bisa digunakan untuk membuat berbagai macam olahan seperti roti atau kue, atau bahkan bisa dijual kepasar.

Seperti itu cara mudah membuat tepung mocaf tanpa enzim. Untuk diketahui setiap 3 Kg bahan baku singkong akan menghasilkan 1 Kg tepung mocaf.

Namun jika tidak memiliki waktu untuk melakukan produksi tepung mocaf sendiri, maka silahkan hubungi kami Grosir Tepung Mocaf untuk mencoba Tepung Mocaf Greenstar di 085 725 99 88 28. Semoga bermanfaat.

Related Post


Jual Bakteri Enzim Tepung Mocaf
Jual Bakteri Enzim Tepung Mocaf

Tepung mocaf adalah produk tepung dari ubi kayu (Manihot esculenta Crantz)…

Kandungan Tepung Mocaf
Kandungan Tepung Mocaf

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bagaimana cara membuat tepung mocaf…

Cara Mudah Membuat Tepung Mocaf Dengan Enzim
Cara Mudah Membuat Tepung Mocaf Dengan Enzim

Tepung mocaf adalah produk tepung dari ubi kayu (Manihot esculenta Crantz)…

5 Manfaat Tepung Mocaf
5 Manfaat Tepung Mocaf

Ada yang tidak tau singkong? Makanan lokal ini mempunyai berbagai macam manfaat.…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *